Ada banyak perusahaan yang mengembangkan peramban (browser) web khusus anak. Namun dalam makalah ini hanya dibahas 4 peramban saja yaitu KidZui, Hoopah Kidview Computer Explorer, Peanut Butter PC dan NoodleNet.
KidZui
Kebanyakan perangkat lunak parental control melakukan pembatasan yang ketat ketika anak mengakses internet, juga membatasi apa saja yang bisa dilakukan oleh anak. Kebanyakan anak akan mencoba untuk melepaskan diri dari batasan-batasan ini. Mereka mengerahkan daya dan upaya untuk bisa lepas dari kontrol orang tua. KidZui menerapkan pendekatan yang berbeda.
kidzui browser anak
KidZui menciptakan peramban bebas yang melibatkan anak secara atraktif sehingga anak tidak lagi berminat untuk keluar dari wilayah KidZui. Untuk anak pra-sekolah atau anak yang belum familiar dengan internet, hal ini akan sangat efektif. Tetapi untuk anak-anak yang lebih berpengalaman, efektivitasnya bisa semakin berkurang. Ketika memulai KidZui, anak diminta membuat avatar yang disebut Zui. KidZui memberikan pilihan jenis kelamin, warna kulit, perwajahan dan pakaiannya. Setiap Zui membutuhkan nama yang harus berbeda dengan semua nama yang dipakai oleh pengguna KidZui. Kata kuncinya (password) juga harus unik. Pilihan umur mulai 3 sampai 17 tahun meskipun produk ini sebenarnya menyasar anak-anak berusia 3-12 tahun. Persetujuan dari Zui yang baru didapatkan dengan cara aktifasi melalui email oleh orang tua. Untuk masuk ke KidZui, anak tinggal mengeklik Zui mereka di jendela log-in. Perambannya sendiri tidak membutuhkan password. Jika KidZui ini dipakai oleh beberapa anak, lebih baik anak yang lebih tua memakai password untuk Zui-nya. Dengan demikian anak yang lebih kecil tidak bisa memakai Zui kakaknya. KidZui dan Peanut Butter PC tidak membatasi jumlah anak yang bisa memakainya, sedangkan NoodleNet membatasinya sampai 5 saja. Hanya 8 Zui yang ditampilkan pada halaman log-in. Kalau ditambahkan satu Zui lagi, maka Zui yang pertama kali dibuat akan hilang dari halaman log-in. Akan tetapi pemilik Zui yang pertama tetap dapat masuk ke KidZui dengan cara mengetikkan nama pengguna (nama Zui) dan password. Jadi, Zui yang pertama ini lebih cocok untuk anak-anak yang sudah lebih berpengalaman.
Browser KidZui seperti NoodleNet dan Peanut Butter PC, KidZui mengontrol akses internet anak dengan mengganti perambannya. Namun KidZui berbeda dengan NoodleNet dan Peanut Butter PC. KidZui tidak mengizinkan anak untuk mengakses program-program windows lainnya. Setelah masuk (log-in), beranda laman beranda KidZui menampilkan gambar thumbnail dari situs web yang populer, foto atau video yang sesuai dengan usia anak. Tampilan ini diperbarui setiap 5 sampai 10 detik. Gambar-gambar ini ditampilkan secara dinamis sehingga menarik perhatian anak. Ketika anak mengeklik salah satu gambar thumbnail tersebut, akan ditampilkan konten yang tersedia. Tampilan berupa gambar ini sangat memudahkan anak-anak untuk mengakses konten yang mereka inginkan.
Kolom-kolom di bagian atas menampilkan beberapa kategori yang bisa dieksplorasi oleh anak. Dengan memilih sebuah kategori akan ditampilkan situs-situs web yang sesuai. Juga akan ada daftar situs yang terkait dengan kategori tersebut. Anak-anak bisa mengetikkan alamat web yang ingin dikunjungi, akan tetapi mereka hanya dizinkan untuk mengakses situs web yang telah disetujui oleh tim KidZui. Ada sekitar 600.000 situs web yang diizinkan. Apabila anak ingin mengakses situs yang tidak diblok oleh KidZui, anak dapat meminta izin pada orang tua. Selanjutnya orang tua bisa memberikan izin melalui akun orang tua di KidZui. Antarmuka KidZui tidak seperti NoodleNet yang berubah sesuai dengan usia anak. Tampilan KidZui sama untuk semua anak. Elemenelemen antarmuka memberikan respos berupa gerakan maupun bunyi ketika dilewati panah tetikus. Antarmuka berupa gambar dan teks. Dengan demikian anak-anak yang belum bisa membacapun dapat menikmati peramban KidZui.
Anak-anak yang lebih muda akan menghabiskan banyak waktunya untuk menjelajahi kategori-kategori yang ada. Banyaknya permainan, kartun dan video akan menarik perhatian anak-anak yang lebih besar. Akan tetapi anak-anak yang sudah cukup besar akan mengetik alamat web atau melakukan pencarian terhadap web-web tertentu, kemudian mereka akan kecewa karena tidak dapat mengakses situs web yang mereka inginkan. Di sinilah peran orang tua diperlukan. Orang tua dapat mengizinkan akses terhadap situs-situs aman yang diinginkan oleh anak. Apabila hal ini tidak dilakukan, anak bisa saja merasa bosan dan kemudian beralih menggunakan peramban yang lain.
Selain kebijaksanaan orang tua dalam memberikan izin akses ke situs-situs yang secara default diblok oleh KidZui, juga diperlukan cara lain agar anak tidak berpindah ke peramban lain. Misalnya dengan cara mengaktifkan parental control di sistem operasi. Program-program parental control lain seperti Net Nanny dan Safe Eyes mengontrol berapa lama anak dapat menggunakan komputer dan mengakses internet. Orang tua juga dapat menentukan waktu yang diperbolehkan bagi anak untuk menggunakan komputer. NoodleNet menggunakan kontrol yang sedikit berbeda, orang tua dapat menentukan berapa lama anak dapat menggunakan komputer pada satu kali pemakaian dan berapa lama anak harus melakukan hal lain sebelum diperbolehkan menggunakan komputer lagi. KidZui tidak menyertakan fasilitas untuk mengontrol waktu penggunaan komputer. Alih-alih membatasi waktu, KidZui malah berusaha agar anak bertahan mengakses internet namun tetap berada dalam wilayah KidZui. Hal ini ditunjukkan dengan tampilan antarmuka yang dibuat semenarik mungkin.
Setiap Zui bukan cuma menjadi penanda di laman log-in, akan tetapi juga merupakan wajah anak di dunia pertemanan KidZui. Sistem pertemanan di dunia KidZui mirip dengan sistem pengirim pesan instan (misal Yahoo! Messanger). Anak dapat menambahkan teman diskusi dengan menekan kotak “Add Friend”. Anak lain yang diminta menjadi teman bisa menerima untuk kemudian berkomunikasi dua arah atau bisa juga memilih untuk menolak pertemanan. Apabila anak sudah terhubung dengan beberapa teman, maka terjadilah semacam jejaring sosial. Mereka bisa berbagi situs web, foto atau video yang mereka temukan di KidZui. Hal ini dapat mereka lakukan dengan hanya membuka menu share kemudian mengeklik pada satu orang teman atau lebih. Situs web, foto atau video yang dibagikan akan terlihat di kotak masuk (inbox) teman. Tidak ada pemberitahuan jika ada hal baru yang dibagikan. Tidak ada bedanya antara item yang baru dengan yang lama. Tidak ada fasilitas untuk menghapus item tersebut dari kotak masuk. Dengan demikian, anak yang suka bersosialisasi di dunia maya harus sering mengecek kotak masuknya. Anak-anak tidak dapat berbagi informasi pribadi apapun. Anak dapat merekomendasikan laman, foto atau video yang mereka temukan. Mereka juga bisa mendaftarkan pendapatnya terhadap
laman, foto atau video yang diberikan.
Untuk menarik perhatian anak terhadap internet, KidZui mengarahkan anak untuk melakukan berbagai aktivitas. Anak diarahkan untuk mengunjungi situs web, melakukan pencarian, berteman dengan anak lain, berbagi dengan teman, menandai item, melihat laman web, foto dan video. Anak dapat mengeklik ikon Zui dari teman-temannya untuk mengetahui total poin yang mereka dapatkan. Pada versi premium, banyaknya poin menunjukkan level keanggotaan.